Monday 19 December 2016

PENGERTIAN PELUMAS/OLI DAN FUNGSI NYA

    PELUMAS
pelumas trmasuk oli mesin dan oli roda gigi(oil gear)gemuk dll,minyak transmisi auotomatik dan power string juga sbagai pelumas komponen".umum nya pelumas pling bnyak di buat dri minyak dasar dngan bermacam macam tmbahan(aditive).beberapa di antara nya terbuat dari syntetik base.

    OLI MESIN
perbedaan yg besar skali antara oli mesin dan pelumas lain nya,oli mesin menjadi kotor dengan ada nya karbon,asam dan zat kotoran lain nya dri pembakaran.
  Sbagai contoh nya.sulfuric acid dan hydrochloric acid di bntuk dri hasil pembakaran bahan bakar yg harus di netralisir.Bahan bakar yg tidak terbakar,kotoran dan karbon juga harus di larutkan atau di bawa oleh oli mesin shingga tidak mengumpul dlam mesin itu sndiri.

  KEGUNAAN/FUNGSI OLI MESIN

1.  Sebagai pelumas
   Oli mesin melumasi permukaan metal yg bersinggungan dalam mesin dengan cara membentuk lapisan film oli.lapisan oli(film oli)tersebut berfungsi mncegah kontak lngsung antara permukaan metal dan membatasi keausan dan kehilangan tenaga yg minim.

2.  BERSIFAT PENDINGIN
   Pembakaran mnimbulkan panas dan komponen mesin akan menjadi panas sekali.hal ini akan menyebabkan keausan yg cepat,bila tidak d turunkan tmpratur nya.untuk mlakukan ini oli mesin harus di sirkulasi di skeliling komponen" agar dapat mnyerap panas dan mengeluarkanya dri mesin.

3.   SBAGAI PERAPAT
   Oli mesin membentuk lapisan semacam torak/seher dan silinder.ini berfungsi sbgai perapat(seal)yg dpat mncegah hilang nya tenaga mesin.sebalik nya jika ada kebocoran maka gas campuran yg akan di kompresikan akan mnekan di sekeliling torak dan masuk kedalam bak engkol dan ini akan berarti kehilangan tenaga.

4.   SBAGAI PEMBERSIH
   Kotoran (lumpur) akan mengendap dlam komponen"mesin.hal ini dpat mnyumbat saluran oli.
  Oli mesin akan mbersihkan kotoran yg menempel tersebut untuk mncegah tertimbun di dalam mesin.

5.   SBAGAI PENYERAP TENAGA
    Oli mesin mnyerap dan menekan tekanan lokal yg beraksi pada komponen yg di lumasi serta melindungi agar komponen tersebut tidak mnjadi tajam saat terjadi gesekan" pda bagian"yg sling bersinggungan.

  Oke mungkin itu saja penjelasan dri saya mngenai PELUMAS/OLI,mungkin di tulisan berikut nya saya akan mnjelas kan tentang jenis"oli jdi jngan lupa untuk membaca nya smoga tulisan ini dapat berguna sekian dri saya terima kasih....

No comments:

Post a Comment