Sunday 8 January 2017

PEMERIKSAAN KARBURATOR

  Dalam kendaraan bermesin khusus nya motor/mobil harus ada komponen yang dapat mencampur udara dan bahan bakar untuk di suplai ke ruang bakar maka dari itu di ciptakan lah karburator untuk melakukan hal tersebut,pada artikel kali ini kita akan coba membahas bagai mana perawataan karburator,baiklah langsung saja kita membahas tentang karburator.

    PEMERIKSAAN KARBURATOR :

★PEMERIKSAAN SISTEM KATUP CUK MANUAL

  • Katup cuk harus tertutup penuh saat tombol cuk di tarik penuh
  • Katup cuk harus dapat terbuka penuh saat tombol cuk di kembalikan secara penuh
★PEMERIKSAAN SISTEM PEMUTUS CUK
  • Hidupkan mesin
  • Lepaskan selang vakum dari membran dan periksa inkage cuk kembali
  • Pasang kembali selang vakum pada membran
★PERIKSA SISTEM CUK OTOMATIS
  • Lepas konektor karburator
  • Ukurlah tahanan antara rumah koil dengan konektor karburator dan masa,spesifikasi tahanan adalah : 17-19 ohm pada 20° celcius
  • Hidupkan mesin
  • Beberapa saat kemudian,periksa bahwa katup cuk mulai membuka dan rumah cuk panas
  • Matikan mesin
★PEMERIKSAAN DASHPORT
  • Setelah mesin di panaskan,lepas selang vakum dari membran dan sumbatlah ujung selang vakum
  • Putar setelan mesin pada 3000 rpm (pada mobil)
  • Lepas pedal gas
  • Periksa putaran penyetel dashport 
  • Steel dashport dengan cara memutar skrup penyetel dashport,penyetelan di lakukan dalam keadaan kipas pendingin di matikan
★ PEMERIKSAAN POMPA PERCEPATAN
Buka katup gas dan periksa bahwa bensin keluar dari nosel akselerasi

★PERIKSA PUTARAN IDLE CEPAT
  • Panaskan mesin hingga tempratur kerja
  • Pasang lah tacho meter pada mesin
  • Hentikan kerja cam breaker dengan cara melepas selang vakum dari cam breaker dan sumbat ujung selang
  • Steel cam idle cepat dengan cara : menahan katup gas sedikit terbuka,tarik fast idle cam ke atas dan kembalikan katup gas pada posisi semula sambil menempatkan tuas throtle di atas step ke tiga dari cam
  • Apa bila kecepatan idle cepat tidak sesuai spesifikasi,steel kecepatan idle tinggi dengan memutar skrup penyetel idle cepat
  • Periksa kembali bahwa putaran mesin kembali ke kecepatan idle setelah pedal gas di tekan sedikit
★ PEMERIKSAAN PEMANAS POSITIF TEMPRATUR COEFFICIENT (PTC)
  • Lepaskan konektor pemanas ptc
  • Ukur tahanan antara terminal ptc dan masa menggunakan ohm meter,spesifikasi tahanan : 2-6 ohm pada 20°celcius
★PERIKSA PELAMPUNG DAN KATUP JARUM
  • Periksa pen pivot kemungkinan tergores atau aus
  • Periksa pelampung kemungkinan bibirnya pecah dan aus pada lubang" pen pivot nya
  • Periksa pegas kemungkinan patah atau memburuk
  • Periksa katup jarum dan plunger kemungkinan aus
  • Periksa saringan kemungkinan berkarat atau rusak
★PEMERIKSAAN POWER PISTON
Untuk memeriksa kerja power piston dapat di lakukan dengan cara menekan power piston dan mengamati apakah power piston dapat bergerak dengan halus dan dapat kembali ke posisi semula setelah di lepas

★PEMERIKSAAN KATUP POWER
Pemeriksaan katup power di lakukan dengan cara memeriksa saluran yg terdapat di katup power,saluran tersebut harus terbuka pada saat katup di tekan dan tertutup kembali pada saat di lepas

★PEMERIKSAAN SELENOID PEMUTUS
  • Lepas selenoid dari karburator
  • Hubungkan bodi katup selenoid dan terminal selenoid ke terminal baterai
  • Pada saat katup selenoid di hubungkan atau di lepas dengan baterai harus terdengaar suara "klik"
★PENYETELAN PELAMPUNG
  • Pasang katup pegas dan plunger pada dudukan
  • Pasang pelampung dan pen pilot
  • Biarkan pelampung menggantung dengan sendirinya
  • Dengan sst,periksa celah antara pelampung dengan air horn apa bila tinggi pelampung (posisi tertinggi ) tidak sesuai dengan spesifikasi,steel dengan cara membengkokan bibir pelampung
  • Angkat pelampung dan dengan sst periksa celah antara plunger katup jarum dan bibir pelampung apa bila tinggi pelampung (pada posisi terendah)
★PENYETELAN CAMPURAN IDLE
  • Hidupkan mesin sampai tempratur kerja
  • Pasang tacho meter
  • Steel putaran idle (stasioner) sesuai spesifikasi
  • Putar baut penyetel putaran idle ke kanan atau ke kiri sampai di peroleh putaran maksimum
  • Stell kembali putaran idle hingga sesuai

Demikian lah artikel mengenai pemeriksaan karburator semoga dapat berguna dan bermanfaat,TERIMA KASIH

2 comments: