Sunday 8 January 2017

PEMELIHARAAN SISTEM BAHAN BAKAR DIESEL

        PROSEDUR PEMELIHARAAN  SISTEM BAHAN BAKAR MESIN DIESEL

★PENGGANTIAN SARINGAN BAHAN BAKAR

  • Kendorkan saluran solar yg bekas dengan memutar berlawanan arah jarum jam menggunakan kunci khusus untuk melepas saringan
  • Bersihkan permukaan atas nya agar saringan yg baru dapat di pasang dengan baik
  • Oleskan oli pada O-ring yg akan di pasang agar lebih mudah
  • Isi solar kedalam saringan yg baru untuk memudahkan pada proses buang angin
  • Pasang dengan memutar saringan solar sampai O-ring nya terpasang dengan baik.hati"jangan sampai solar nya tumpah
  • Gunakan kunci khusus untuk mengencangkan saringan antara 1/3 sampai 2/3 putaran
  • Oprasikan pompa tangan untuk mengeluarkan angin nya dari saluran bahan bakar
★ PROSEDUR BUANG ANGIN PADA SISTEM BAHAN BAKAR SOLAR
  • Kendorkan baut pembuangan angin pada pompa injeksi
  • Pompalah pompa tangan sampai  solar beserta angin nya keluar
  • Kencangkan kembali baut pembuangan angin hidupkan mesin sampai 10 detik atau sampai mesin hidup apa bila mesin tidak hidup dalam waktu 10 detik,ulangi langkah mengoprasikan pompa tangan untuk mengeluarkan angin
★ PROSEDUR BUANG AIR PADA PRE-FUEL FILTER

Lampu indikator volume air pada meter combinasi akan menyala apa bila.ketinggian air pada water sendimeter melebihi batas spesifikasinya,cara mengeluarkan air dan benda asing dari water sendimeter dengan prosedur sbagai berikut :
  • Letakan ujung selang plastik (letaknya di bawah drain plug) ke dalam pelampung
  • Kendorkan tutup pembuang udara dan tutup pembuangan air kemudian buang lah air nya
  • Setelah air nya di buang kencangkan kembali tutup pembuang udara dan tutup pembuangan air
  • Kemudian oprasikan pompa tangan pada pompa injeksi untuk pembuangan angin pada saluran bahan bakar
  • Setelah menghidupkan mesin periksa apakah ada kebocoran solar pada drain plug.
★ PEMELIHARAAN/SERVIS NOZZLE PENGANGKUT

  • Gunakan nozzle tester untuk memeriksa tekanan awal nozzle,spesifikasi besarnya tekanan awal dapat di lihat pada buku manualnya apa bila tekanan nozzle,di atas atau di bawah tekanan spesifikasinya.nozzle dapat di stell klo masih layak di gunakan atau di ganti jika sudah tidak layak.
  • Periksa kondisi pengkabutan,jika kondisi penyakit tidak baik, nozzle sudah harus di ganti.

Demikian lah tadi pemeliharaan sistem bahan bakar diesel,semoga dapat berguna dan bermanfaat ,TERIMA KASIH.

No comments:

Post a Comment