Tuesday 20 December 2016

PENGERTIAN GEMUK DAN FUNGSI NYA

 Hai sahabat semua kali ini saya akan menjelaskan tentang gemuk,mungkin kalian sudah tau gemuk itu seperti apa tapi di sini saya akan coba mnjelaskan nya lebih dalam lagi mngenai gemuk itu sndiri...

   
★PENGERTIAN GEMUK
Gemuk merupakan jenis pelumas sama seperti oli,tetapi gemuk berbentuk setengah padat.terbuat dari pelumas cair yg mempunyai tambahan pengental(thickening agent),ada dua tipe utama dari bahan pengental :
      - A METALIC SOAP
      - A NON SOAP
Tetapi yg pling bnyak di gunakan untuk mayoritas gemuk adalah a metalic soap

★SIFAT UTAMA GEMUK
Gemuk mempunyai beberapa sifat yg tidak di miliki oleh pelumas lain,yg memberikan dampak keuntungan dan kerugian
*keuntungan:

  • Pelumas gemuk lama tanpa penambahan karna gemuk tidak dapat mengalir atau menyebar.
  • Bersifat perapat yg sempurna mencegah menempel nya benda"asing seperti kotoran,gas dan air pada permukaan yg di lumasi
  • Mempunyai daya tahan terhadap beban tinggi
*Kerugian:

  • Di bandingkan dengan oli pelumas gemuk lebih sulit untuk penanganan ,pengisian dan penggantian
  • Mempunyai tahanan gerak besar
  • Cepat panas
  • Kotoran mudah menempel dan sulit untuk di bersihkan
★TIPE GEMUK
Gemuk di gunakan untuk melumasi beberapa komponen yg berbeda pada kendaraan.Tidak hanya beberapa komponen seperti chasis dan bearing,tetapi juga pda rem dan komponen listrik.Lagi pula beberapa komponen di perlukan gemuk,karna mempunyai desain khusus untuk di gunakan pada beberapa kondisi.Untuk alasan ini di ciptakan beberapa tipe gemuk:

  1. GEMUK UNTUK CHASIS:Chasis kendaraan selalu berhubungan dengan kotoran,debu dan lumpur karna ada nya kejutan dan beban yg berat.Oleh karna itu penggunaan gemuk di tempat seperti ini harus tahan terhadap air,kotoran,tekanan dan goncangan
  2. GEMUK BANTALAN RODA:Gemuk yg di pakai pada bntalan roda adalah lithium soap based multi purpose grease(NLGI),karakteristik dari gemuk bntalan roda adalah sbb:
  • Gemuk harus tahan panas sehingga tidak encer dan mengalir keluar dari bantalan
  • Mempunyai kestabilan oksidasi dan umurnya dapat tahan lama
  • Mempunyai keungulan dalam ketahanan terhadap kerusakan dan karat seperti bantalan yg sering berhubungan langsung dengan air dan lumpur.
Itu lah tdi beberapa penjelasan tentang gemuk semoga mudah untuk di pahami dan dapat berguna,mungkin itu saja postingan saya kali ini jngan lupa untuk mengikuti postingan saya selanjut nya.TERIMA KASIH...

3 comments:

  1. Artikel yang sangat membantu banyak orang tentang Grease
    Mobil Grease , Shell Grease , Shell Gadus

    ReplyDelete
  2. Kami adalah perusahaan yang khusus menjual produk Pelumas/Oli dan Grease/Gemuk untuk sektor Industri.

    Oli yang kami pasarkan diantaranya untuk aplikasi : Diesel Engine Oil, Transmission Oil, Gear Oil, Compressor Oil, Hydraulic Oil, Circulating & Bearing, Heat Transfer Oil, Slideway Oil, Turbine Oil, Trafo Oil, Metal Working Fluid, Synthetic Oil, Corrosion Preventive, Wire Rope, Specialities Oil dan aneka Grease/Gemuk.

    Kami menjadi salah satu perusahaan yang dapat memenuhi berbagai macam kebutuhan pabrik-pabrik besar di Indonesia, termasuk kebutuhan akan pelumasan khusus.
    Prinsip kami adalah selalu mengembangkan hubungan jangka panjang kepada setiap customer. Bila anda butuh info lebih lanjut, silahkan menghubungi kami.

    Mobile : 0813-1084-9918
    Whatsapp : 0813-1084-9918
    name : Tommy. K
    Email1 : tommy.transcal@gmail.com

    ReplyDelete
  3. Kalo grease buat lock door HD 785-7 itu di rekomendasikan pake grease yg kaya apa yah.... ???
    Kalo ada yang tahu tolong koment + jawab ke e-mail maul.raharjo@gmail.com

    ReplyDelete