Monday 2 January 2017

MACAM-MACAM TYPE MESIN DIESEL

  Artikel kali ini akan membahas tentang macam-macam mesin diesel,mesin diesel adalah mesin yg tidak memerlukan percikan bunga api dri busi dalam proses pembakaran nya mesin ini hanya memanfaatkan panas yg di hasilkan saat proses kompresi untuk pembakaraanya.mesin diesel ini di bagi dalam beberapa macam/tipe yaitu :

★TIPE INJEKSI LANGSUNG (Direct injektion)
  Dalam tipe ini injection nozzle menyemprotkan bahan bakar langsung ke ruang bakar utama(main combution) yg terdapat di antara cylinder head dan piston ruang yg ada pada bagian atas piston merupakan salah satu bentuk yg di rancang untuk meningkatkan efesiensi pembakaran.di dalam tipe ini ada keuntungan dan kerugian nya.

KEUNTUNGAN:

  • Penampang permukaan ruang injeksi langsung yg kecil dapat mengurangi kerugian panas,sehingga menaikan tempratur udara yg di kompresikan dan menyempurnakan pembakaran pada tipe ini pemanasan awal tidak di perlukan untuk start dengan suhu udara di sekitar nya normal,efesiensi panas yg tinggi disini juga dapat meningkatkan output dan menghemat penggunaan bahan bakar.
  • Struktur cylinder head lebih sederhana jadi ke mungkinan deformasi karena panas akan lebih kecil
KERUGIAN :
  • karna kerugian panas nya kecil,maka perbandingan kompresi nya tidak tinggi /kurang padat
  • Pompa injeksi harus mampu menghasilkan tekanan tinggi yg dapat di perlukan untuk mengatomisasikan bahan bakar dengan memaksanya keluar melalui nozzle tipe berlubang banyak.
  • Karna kompresinya rendah kecepatan mesin nya pun rendah
  • Tekanan pembakaran yg tinggi menimbulkan suara yg lebih keras dan resiko diesel knocking lebih besar
  • Mesin sangat peka terhadap kualitas bahan bakar biasa nya di perlukan bahan bakar yg bermutu tinggi.

★ TIPE RUANG BAKAR KAMAR DEPAN
Bahan bakar di semprotkan oleh injection nozzle ke kamar depan (precombution chamber) sbagian akan terbakar di tempat dan sisa bahan bakar yg tidak terbakar di tekan melalui saluran kecil antara ruang bakar kamar depan dan ruang bakar utama dan selanjutnya terurai menjadi partikel yg halus dan terbakar habis di ruang bakar utama (main chamber).tipe ini juga memiliki keuntungan dan kerugian

KEUNTUNGAN :
  • Pemakaian jenis bahan bakar lebih luas bahan bakar yg relatif kurang baik dapat di gunakan dengan asap pembakaran yg tidak pekat
  • Mudah pemeliharaanya karna tekanan injeksi bahan bakar relatif rendah dan mesin tidak begitu peka terhadap perubahan timming injeksi/waktu penginjeksian.
  • Karena di sini di gunakan throttle nozzle maka diesel knocking dapat di kurangi dan kerja mesin lebih tenang
KERUGIAN :
  • Biaya pembuatan lebih tinggi karena bentuk sillinder lebih rumit
  • Di perlukan starter yg lebih besar,mesin sulit panas ketika pertama di hidupkan sehingga memerlukan glow plug(busi pijar)
  • Pemakaian bahan bakar relatif lebih boros
★ TIPE KAMAR PUSAR (Swirl chamber type)
Kamar pusar mempunyai bentuk spherical, udara yg di kompresikan oleh piston memasuki kamar pusar dan membentuk aliran turbolensi di tempat bahan bakar yg di injeksikan.Tetapi sbagian bahan bakar yg belum terbakar akan mengalir ke ruang bakar utama (main combution chamber)melalui saluran transfer untuk menyelesaikan pembakaran.tipe ini juga tidak luput dari kekurangan dan keuntungan.

KEUNTUNGAN :
  • Dapat dicapai kecepatan mesin yg tinggi,karna turbolensi kompresinya tinggi
  • Gangguan pada nozzle sangat kecil karna menggunakan pib type nozzles
  • Tingkat kecepatan mesin lebih luas dan oprasinya yg halus membuatnya banyak di gunakan untuk mobil penumpang.
KERUGIAN :
  • Kontruksi cylinder head dan cylinder block rumit
  • Efesiensi panas dan konsumsi bahan bakarnya lebih buruk dari pada sistem injeksi tinggi
  • Menggunakan busi pijar,tapi ini kurang efektip untuk kamar pusar yg besar,karena mesin tidak mudah start
  • Diesel knock akan lebih besar pada kecepatan rendah
Demikian lah pembahasan mengenai type"mesin diesel,semogga berguna dan bermanfaat.TERIMA KASIH.

No comments:

Post a Comment