Friday 23 December 2016

CARA KERJA DAN KOMPONEN-KOMPONEN HYDRAULIC POWERSTEERING

 Lahir nya sistem kemudi daya ini di dasari oleh kekurangan yg didapat pada sistem kemudi manual di mana rendah nya kemampuan di dalam pengemudian terutama pada perjalanan yg jauh,dan pada kecepatan rendah sehingga membuat pengemudi cepat lelah.Di samping itu kekakuan pada kemudi manual turut mempengaruhi perkembangan sistem kemudi kendaraan.pengembangan sistem kemudi saat ini sudah menjangkau pada sistem pengntrolan secara otomatis.Pada umumnya sistem kemudi daya di bagi atas 2 tipe,yaitu hydraulic powersteering(HPS) dan electric power steering (EPS),Tapi kali ini kita hanya akan membahas tentang hydraulic powersteering .

★HYDRAULIC POWERSTEERING
    Sistem kemudi ini memiliki dua boster hidraulis di bagian tengah mekanisme kemudi agar kemudi menjadi lebih ringan.Dalam keadaan normal berat nya putaran roda kemudi adalah 2-4 kg.sistem power steering di rencanakan untuk mengurangi usaha pengemudi bila kendaraan bergerak pada putaran rendah dan menyesuaikan pada tingkat tertentu bila kendarraan bergerak,mulai kecepatan medium sampai kecepatan tinggi.penggunaan power steering memberikan keuntungan seperti :
a.)Mengurangi daya              pengemudi(steering effort)
b.)Kesetabilan yg tinggi selama pengemudian


CARA KERJA POWER STEERING :
A.)Pada posisi netral
     Minyak dari pompa di alirkan kekatup pengontrolan (control valve).bila katup pengontrolan berada pada posisi netral,semua minyak akan mengalir melalui katup pengontrol ke saluran pembebas(relief fort)dan kembali ke pompa.pada saat ini tidak terbentuk tekanan dan arena tekanan kedua sisi sama,torak tidak bergerak.
B.)PADA SAAT MEMBELOK
  Pada saat poros utama kemudi(steeringmain shaft)di putar ke salah satu arah,katup pengontrolan juga akan menutup salah satu saluran minyak.saluran yg lain akan terbuka dan akan terjadi perubahhan volume aliran minyak dan akhirnya ter bentuk tekanan.pada kedua sisi torak akan terjadi perbedaan tekanan dan torak akan bergerak kesisi yg bertekanan rendah sehingga minyak akan berada dalam ruangan tersebut akan di kembalikan ke pompa melalui katup pengontrol.

★KOMPONEN-KOMPONEN POWER STEERING:

1.)VANE PUMP
Vane pump adalah bagian utama dari system power steering berfungsi menghasilkan tekanan tinggi dan debit yg besar.vane pump juga berfungsi untuk mengatur jumlah aliran fluide yg di perlukan sesuai dengan putaran mesin,Adapun komponen yg ada dalam vane pump adalah :
  • Reservoir tank,berfungsi untuk tampungan fluida power steering
  • Pump body,adalah rumah dari rotor blade dan pompa di gerakan oleh puli
  • Poros engkol mesin dengan drive blet,dan mengalirkan tekanan fluida ke gear
  • Housing
  • Flow control valve,mengatur volume aliran minyak dari pompa ke gear housing dan menjaga agar volume nya tetap pada rpm pompa yg berubah ubah
2.)GEAR HOUSING
Merupakan rumah dari roda gigi kemudi.

3.)POWER SILINDER

 
Power silinder adalah tempat piston bekerja menggerakan roda gigi kemudi(steering gear)

4.)KATUP ROTARY
Berfungsi untuk mengatur arah aliran minyak dari pompa

★TIPE HIDRAULIC POWERSTEERING
Ada beberapa tipe power steering,tetapi masing"mempunyai 3 bagian yg terdiri dari pompa,control valve dan power silinder.Ada dua jenis power stering yaitu:
1.)TIPE INTEGRAL
Sesuai dengan namanya,control valve dan power piston terletak di dalam gear box.tipe gear yg di pakai ialah recirculating ball.di perlihatkan di sini mekanisme sistem power steering tipe integral.bagi an utama terdiri dari :
  • Tangki reservoir yg berisi fluida
  • Vane pump yg membangkitkan tenaga hydraulis
  • Gear box yg berisi control valve,power piston dan steering gear
  • Pipa-pipa yg mengalirkan fluida
  • Selang-selang flexible
2.)TIPE RACK AND PINION
Control valve power steering tipe ini termasuk dalam gear housing dan power piston nya terpisah di dalam power cylinder,tipe rack and pinion hampir sama dengan mekanisme tipe integral.

Demikian lah artikel pembahasan mengenai hydraulic power steering smoga dapat berguna dan bermanfaat,TERIMA KASIH



No comments:

Post a Comment